Pengalaman Belanja Sepatu di Zalora
Hai teman – teman semua, saya ingin membagikan pengalaman
saya berbelanja di Zalora. Ini adalah pertama kalinya bagi saya belanja barang
di Zalora tepatnya pada bulan Januari 2017. Zalora menurut saya adalah sebuah
toko online yang menjual produk – produk fashion pria maupun wanita, baik itu
seperti pakaian, sepatu, aksesoris dan lain2nya. Saya tertarik untuk mencoba
berbelanja di Zalora karena menurut saya Zalora menjual barang2 yang original /
asli.
Nah, saya berbelanja di Zalora ini menggunakan aplikasi di
smartphone saya yang saya download di Google Playstore. Disitu nanti kita
diminta untuk mendaftar terlebih dahulu dengan menggunakan email kita. Untuk
kejelasan mendaftar dan penggunanaannya mungkin teman2 semua sudah pada pandai
ya.
PERTAMA
Pengalaman saya dalam berbelanja di Zalora ini saya mencoba
untuk membeli sepasang sepatu olah raga yaitu sepatu jogging atau sepatu
running. Saya pun mulai mencari – cari model sepatu yang menurut saya bagus,
sesuai, dan tentunya sesuai dengan kantong saya saat itu, hehe. Setelah
beberapa saat mencari, akhirnya saya mendapatkan pilihan yang cocok menurut
saya untuk saya beli.
SELANJUTNYA
Saya memilih untuk membeli sepatu olah raga dengan merk
Fans. Nah, Produk merk Fans ini adalah produk asli buatan Indonesia (bukan
sepatu Vans ya teman2). Produk yang saya beli adalah sepatu Fans tipe Fans
Eureka N – Running Shoes Navy Tan. Sepatunya warna navy, atau warna biru
donker. Harganya saat saya beli adalah Rp. 219.900 dengan ukuran 43 (eur), dan
ongkos kirimnya gratis teman-teman, karena produk ini akan mendapatkan gratis
ongkos kirim jika nominal harganya diatas 200ribu dan dijual oleh Sepatu Fans
yang bekerjasama dengan Zalora untuk memasarkan produknya. Agak berbeda dengan
produk yang dijual oleh Zalora yang akan mendapat gratis ongkos kirim jika
harga barangnya diatas 300ribu.
Saat saya akan memesan produk sepatu tersebut, ada pilihan
untuk memasukkan kode voucher. Kode voucher ini untuk mendapatkan diskon dari
Zalora. Saya pun mencoba browsing untuk mendapatkan kode voucher tersebut.
Namun ternyata produk yang saya inginkan tidak masuk dalam kategori yang bisa
menggunakan voucher. Agak kecewa sih, tapi yah gapapa lah, udah dapat gratis
ongkos kirim juga udah syukur. Setelah itu saya memesan produk tersebut, perlu
diperhatikan juga, berikanlah alamat yang sesuai dengan KTP domisili tempat
tinggal teman-teman agara barangnya tidak nyasar, hehee.
LALU......
Setelah saya memesan produk sepatu tersebut, saya
mendapatkan email dari Zalora dan sms berisikan Nomor Order dan Nomor rekening
untuk pembayaran produk tersebut. Saya diberi waktu maksimal 24 jam untuk
melakukan transaksi tersebut. No rekening yang diberikan pun ada 4 macam, yaitu
bisa ke bank BCA, Mandiri, BRI, dan BNI. Setelah saya melakukan pembayaran, saya
diminta untuk melakukan konfirmasi pembayaran di link konfirmasi pembayaran
yang diberikan oleh Zalora (ada dalam sms dan email yang dikirimkan oleh
Zalora). Linknya yaitu www.zalora.co.id/konfirmasi
, disitu saya diminta untuk memasukkan nomor order kita dan nama lengkap sesuai
dengan rekening, metode pembayaran, nominal pembayaran, dan nama bank rekening
saya. Saat itu saya membayar dengan metode transfer ATM.
AND THEN......
Setelah melakukan semua prosesnya, saya pun menunggu hingga
barang yang dipesan datang. Perlu diketahui juga, karena barang yang saya pesan
ini dijual oleh seller terpisah dengan Zalora, maka estimasi pengirimannya juga
agak lama yaitu sekitar 3-8 hari kerja jika di dalam Jakarta, dan 4-12 hari
kerja untuk yang diluar Jakarta. Karena saya tinggal di luar Jakarta, diluar
pulau malah, tepatnya di Kalimantan Barat, maka saya harus bersabar
menunggunya.
PENANTIAN AKHIRNYA TERBAYARKAN
Setelah beberapa hari, tepatnya 8 hari sejak pemesanan,
akhirnya sepatu yang saya pesan pun tiba. Barang dikirim dengan menggunakan
jasa pengiriman JNE. Saya sempat berpikir yang digunakan adalah jasa pengiriman
Pos, ternyata bukan, tapi sama saja lah, yang penting barang sampai ke tangan
saya. Kondisi barang saat sampai aman, hanya saja Box atau kotak sepatu tidak
mulus, saya rasa karena tertindih atau tertimpa barang lainnya. Tapi tidak jadi
masalah karena barangnya aman.
Setelah saya buka kemasan kirimannya, didalam kotak sepatu
terdapat sepasang sepatu yang saya pesan dan stiker untuk pengiriman kembali
sepatu jika sepatu tersebut tidak pas atau ada hal lainnya yang menurut
teman-teman patut untuk dikembalikan. Pengiriman kembali barang dapat dilakukan
dalam 30hari dan barang harus dikembalikan utuh tidak boleh kurang. Kemasannya
nanti bisa kita kemas sendiri, yang terpenting adalah sepatunya, tag, dan kotak
sepatunya. Berikut penampakannya.
Seperti yang saya katakan diatas, box kotaknya agak sedikit
bonyok atau entah apa namanya. Dan dibawah ini adalah stiker atau kertas yang
harus ditempel pada kemasan pengembalian barang jika barang yang kita pesan
tidak sesuai atau tidak pas dengan kita.
Nah, diatas adalah gambar kertas yang akan ditempel pada
kemasan pengiriman ulang, jadi kita tidak usah repot untuk menulis alamat
pengirimannya karena zalora sudah membuatkan formatnya. Jika kertas / stiker
tersebut rusak, kita bisa mendownloadnya lagi di zalora. Login saja di
zalora.co.id untuk mendownloadnya dan ikuti petunjuknya.
ENDINGNYA
Akhirnya saya mulai mencoba sepatu tersebut, dan hasilnya
sepatu itu pas di kaki saya dan tidak jadi saya kembalikan, karena awalnya saya
agak ragu saat melihat sepatunya sepertinya kebesaran. Setelah dipakai ternyata
pas dan sesuai dengan ukuran kaki saya.
Sekian pengalaman dari saya tentang berbelanja di Zalora
mungkin bisa bermanfaat bagi teman – teman semua, terimakasih.
terimakasihh, sebagai orang yang hobi belanja sangat merasa terbantu dan bisa percaya untuk berbelanja di zalora
ReplyDelete